Menguji Keaslian Madu

Berikut ini artikel lain tentang Madu yang berjudul, "Menguji Keaslian Madu". Artikel ini dipetik dari catatan facebook. Sumber tulisan akan dicantumkan di akhir artikel.

Inilah artikel tentang, Menguji Keaslian Madu ...

A. OBJEK PENELITIAN

Ada dua golongan madu yang dijadikan objek dalam penelitian ini, yaitu madu asli dan madu tidak asli.

1. Madu Asli - Madu asli adalah madu murni atau madu alami yang diambil langsung dari sarang lebah dan diperes sendiri. Dalam penelitian ini, madu asli yang diuji ada lima jenis, masing-masing diletakkan dalam botol tersendiri dan diberi kode sesuai dengan jenis madunya. Diantaranya madu yang sumber makanannnya pohon aren atau nira. Madu yang sumber makanannya tanaman hortikultura, Madu murni yang sumber makanannya pohon akasia, pohon kayu sungkai dan hutan bebas.

2. Madu Tidak Asli -Madu tidak asli adalah madu tiruan atau madu asli yang dicampur larutan lain yang sifat fisiknya menyerupai madu asli.yang diuji pun juga lima jenis : Madu tiruan, madu yang dicampur juruh atau sirup, madu yang dicampur air gula, madu yang dicampur sirup dan serbuk pahit, serta madu yang dicampur dengan sirup dan ragi tape.

B. MITOS TENTANG MADU ASLI

Pengujian ini dilakukan untuk membuktikan anggapan orang bahwa madu asli memiliki ciri-ciri tertentu, yang menjadi parameter sebuah madu asli. Ada 8 anggapan tentang madu:
  1. Madu Asli tidak dikerumuni semut - Baik madu asli maupun madu tidak asli sama-sama dapat dikerumuni semut. Adapun madu tidak asli yang padanya dicampur dengan serbuk pahit ada kemungkinan padanya tidak dimakan semut karena unsur tersebut tidak disenangi semut sebagaimana madu asli yang makanan lebahnya dari hutan kayu yang pahit rasanya.
  2. Madu asli tidak merembes apabila diteteaskan pada kertas Koran - Tidak merembes saat diteteskan pada kertas koran tidak dapat secara mutlak merupakan ciri madu asli karena madu asli yang agak encerpun bisa merembes walaupun sedikit saja (tingkat kekentalannya rendah).
  3. Korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu asli - Bilah korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu asli sekalipun jarak waktu tenggang antara pemolesan dengan pemantikan berapa lamapun. Adapun madu tidak asli pada awal pemolesan mungkin masih bisa menyala namun setelah tenggang waktu 1 jam atau lebih maka tidak mampu lagi untuk menyala. Bisa ditarik kesimpulan; apabila setelah berselang lebih dari 1 jam tapi masih bisa menyala berarti madu asli.Namun apabila dengan dengan tenggang waktu tersebut tidak dapat menyala maka bisa dipastikan madu campuran atau tidak asli.
  4. Rasa madu asli manis murni, tanpa ada rasa lain - Kelima sampel madu asli memiliki rasa yangberbeda-beda, bergantung pada sumber makanan lebah atau nectar. Demikian pula madu tidak asli, maka rasanya pun beraneka ragam sesuai dengan bahan pencampurnya.
  5. Madu asli berwarna kuning tua - Sebagaimana rasa madu asli, warnanya pun beragam sesuai dengan nektar atau sumber makanan yang dimakan lebah. Demikian pula warna madu tidak asli beragam warnanya sesuai dengan bahan yang diolah dan juga bahan pencampurnya.
  6. Madu asli akan mengkristal bila diaduk dengan kuning telur -Semua sampel madu asli mengkristal berbiji-biji saat dicampur dengan kuning telur. Madu tiruan tidak mengkristal sama sekali apabila dicampur kuning telur tetapi madu campuran tetap bisa mengkristal.Perlu anda ketahui bahwa pengkristalan kuning telur bukan jaminan madu asli karena madu campuran pun tetap mengkristal apabila dicampur dengan kuning telur.
  7. Madu asli menyimpan gas atau udara -Dalam uji coba kelima madu asli maupun 4 dari 5 macam madu campuran itu tetap mengelembung (mengandung gas) Dari sini dapat dilihat bahwa kandungan gas itu tidak dapat dijadikan patokan dalam menentukan madu asli karena madu tidak aslipun bisa mengandung gas.Dalam penyelidikannya Dra. Sri Amin Tarti dari Universitas Lambung Mangkurat menyatakan, gas yang terdapat pada madu itu bisa timbul karena madu telah terfermentasi dengan mikroba penghasil gas.
  8. Madu asli tidak membeku bila dimasukkan dalam lemari es - Dari kelima sampel madu asli, empat sampel tidak membeku saat disimpan dalam lemari es. Satu sampel yang lain sedikit membeku yaitu madu pohon aren /nira. Dan dari kelima sampel madu tidak asli maka semuanya membeku saat disimpan di lemari es.
 Ingin Membeli Madu Anak? 
Pilih Madu Herbal untuk Anak: Thibby
SMS: 085721109590 atau 089651415992

Itulah sekilas informasi tentang, Menguji Keaslian Madu - Mudah-mudahan semua penjelasan di atas berguna untuk kesehatan Anda... Amin

Jangan lupa Like Us on Facebook di sini

Related Posts:

Followers