Konsumsi Madu Agar Anda Bugar Berpuasa

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia bersuka cita menyambut Ramadhan dengan melaksanakan ibadah puasa atau biasa disebut Shiyam/Shaum yang berarti menahan diri dari sesuatu. Secara syar'i puasa adalah menahan diri dari segala perbuatan yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan suami istri, dll) sejak fajar terbit hingga matahari terbenam. Selama berpuasa tubuh bisa menghasilkan energi dengan membakar sumber daya (terdiri dari karbohidrat, lemak, dan gula) yang disimpan oleh tubuh. Jadi jangan heran jika saat berpuasa kita akan merasa lemas dan kehilangan tenaga.
Konsumsi Madu Agar Anda Bugar Berpuasa
Konsumsi Madu Agar Anda Bugar Berpuasa
Namun jangan kuatir, dengan berpuasa kita tetap bisa bugar dan beraktivitas seperti hari biasa. Salah satunya dengan mengkonsumsi madu saat buka puasa dan makan sahur seperti yang saya lakukan. Madu saya pilih menjadi suplemen saat bulan puasa, karena memiliki khasiat dan kandungan yang luar biasa. Lebah sang penghasil madu sendiri merupakan salah satu binatang yang istimewa. Karena namanya tersebut dalam Al-Qur'an.

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia," Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan" (QS. An-Nahl :68-69)

Konsumsi Madu Agar Anda Bugar Berpuasa

Pakar pun banyak yang memiliki pendapat yang seragam mengenai madu. Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral lain seperti natrium, magnesium, kalsium, zat besi, dan fosfat, dlsb yang semuanya sangat berguna bagi tubuh kita.

Madu juga banyak memiliki manfaat, diantaranya sebagai sumber energi, sumber vitamin dan mineral, serta bisa menambah stamina. Madu yang banyak mengandung senyawa gula (glukosa dan fruktosa) mampu menyediakan kalori yang diperlukan oleh tubuh selama puasa. Keistimewaan lainnya, madu juga mudah dicerna serta rendah kalori. Jadi tetap aman bagi kesehatan. Dan yang terpenting, madu juga cocok dicampur dengan makanan atau minuman apapun.

Madu juga mudah kita dapatkan, baik di toko-toko obat, maupun super market atau beli madu online. Harga dan kemasan juga bisa menyesuaikan dengan kantong kita. Jenis madu yang beredar di pasaranpun sangat beragam. Namun hati-hati, karena keistimewaannya tersebut, madu banyak dipalsukan. Berbeda dengan madu asli yang kaya manfaat bagi tubuh, madu palsu justru sebaliknya karena mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

Selain mengkonsumsi madu saat buka puasa dan makan sahur, pola hidup sehat juga harus kita lakukan. Makanan yang bergizi, cukup minum air putih, cukup istirahat, dan olah raga ringan bisa juga kita lakukan. Dengan demikian ibadah puasa kita bisa berjalan lancar.

Selamat Menunaikan ibadah Shaum Ramadhan, mohon maaf lahir bathin.



---

Sumber: http://www.kompasiana.com/gneoga/puasa-tetap-bugar-dengan-konsumsi-madu_551260c48133117354bc6785 

Related Posts:

Followers