Warna dan Bunga Asal Madu

Madu merupkan cairan yang lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu lebih manis dari gula meja dan memiliki ciri-ciri kimia yang menarik untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda yang membuat orang lebih menyukainya daripada gula dan pemanis lainnya.

Dalam pandangan Islam. madu banyak disukai orang sehingga dijanjikan sebagai hadiah buat kita di surga kelak: seperti di dalam surat Muhammad 47:15, "(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada beubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak beubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?"

Khasiat Madu bagi Kesehatan
Tahukah Anda bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk tubuh sehingga disebutkan dalam Al Qur'an? Perhatikan ayat berikut ini:
"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (An Nahl 16:69)

Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Perhatikan bahwa madu yang dihasilkan oleh lebah memiliki warna yang berbeda bergantung dari dari mana lebah tersebut memperoleh madunya.

Inilah Warna dan Bunga Asal Madu

Warna dan Bunga Asal Madu

Warna Madu dan bunga asalnya.Madu sangat baik untuk kesehatan. Beberapa hadits menyatakan sebagai berikut:

  • "Ambillah atau pergunakanlah olehmu sekalian akan dua obat penyembuh yaitu madu dan al-Qur'an." (Hadis riwayat Ibnu Majah)
  • "Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Barangsiapa yang menjilat madu sebanyak tiga kali pada setiap bulan, maka dia tidak akan terkena cobaan (kesehatan) yang besar."
Secara teknis madu memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  • Memiliki sifat anti microba,
  • Menyembuhkan iritasi ringan,
  • Menyembuhkan luka bakar akibat panas matahari (sun burn),
  • Memperbaiki kulit yang terekspose sinar UV,
  • Bahan pelembab yang sangat baik (walaupun mahal) karena kemampuannya mempertahankan air,
  • Memperbaiki rambut menjadi lebih bercahaya dan lembut• Membantu kulit memperbaiki diri (dengan bantuan alpha hydroxid acid),
  • Campuran dengan susu selama 20 menit (dengan perbandingan yang sama) memberikan kulit yang bercahaya,
  • Memiliki antioksidan yang mencegah penuaan tubuh, dan masih banyak lagi.

Related Posts:

Followers