Cara Memilih Madu Berkualitas

Madu telah memiliki sejarah penggunaan, termasuk dalam penyembuhan. Begitu pula dalam ilmu pengetahuan modern; mengungkapkan kandungan anti bakteri dan anti inflamsi dalam madu. Di samping sebagai obat yang mampu mencegah penyakit, madu pun berkhasiat untuk kecantikan kulit. Di pasaran banyak beredar madu dalam berbagai merek, salah satunya Madu Tropis Brazil.



Cara Memilih Madu Berkualitas

Apabila Anda adalah seorang konsumen produk madu, tentunya akan lebih teliti dalam memilih madu mengingat banyaknya produk yang mengklaim madu asli. Kualitas madu sangat ditentukan oleh sumber nektar, cuaca, derajat pemasakan, cara ekstraksi begitu pula dengan kualitas tanah tempat tanaman sebagai sumber nektar tumbuh.

Cara Memilih Madu Berkualitas
Guna memilih madu yang berkualitas berikut ini penjelasan dari seorang ahli pengobatan natural dan holistik; dr.Ivan Hoesada tentang Cara Memilih Madu Berkualitas.
  1. Perhatikan kadar airnya
    "Madu yang baik tidak terlalu encer. Kalau sangat encer, artinya madu itu sudah dicampur air," kata Ivan. Cara mengeceknya adalah dengan menuangkan madu dari botolnya. Madu yang mengeluarkan gelembung lebih cepat berarti memiliki kadar air lebih tinggi. Kendati begitu, parameter ini bergantung pada peternakan lebah dan musim yang berlangsung. Pada musim penghujan, biasanya madu yang dihasilkan lebih encer.
  2. Warna madu
    Kandungan mangan, besi, sulfur, klorn, potasium, magnesium, dan sodium membuat madu berwarna lebih gelap. Derajat keasaman yang tinggi juga menyebabkan madu berwarna lebih gelap. Aroma madu berwarna gelap juga lebih kuat dibanding yang berwarna terang. Namun warna madu tidak tetap, dan bergantung pada jenis bunga yang digunakan.
  3. Kebersihan madu
    Sebelum memilih, pastikan tidak ada serpihan debu atau jenis kotoran lain di dalam madu. Madu yang kotor menandakan proses penyaringan yang tidak sempurna. Kendati begitu madu dengan kandungan serbuk sari tinggi biasanya agak keruh.
Demikianlah sekilas tentang, “Cara Memilih Madu Berkualitas” semoga bermanfaat.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/08/31/1415055/Bagaimana.Memilih.Madu.Berkualitas.Baik.

Related Posts:

Followers